Silabus lengkap semester 1 dan 2
bagi teman-teman guru sma silakan dowload dengan klik link di atas.
Kompetensi Dasar
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber /
Bahan / Alat
|
1.1 Mendeskripsik-an prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
|
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
|
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
|
· Komponen peta
· Prinsip dasar peta dan pemetaan
|
· Secara individu, mengidentifikasi komponen peta pada atlas
· Secara kelompok diskusi tentang penggambaran satu wilayah pada globe ke bidang datar
· Secara kelompok membuat peta suatu wilayah dari globe ke bidang datar
|
· Menunjukkan komponen-komponen peta
· Mengidentifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan membuat peta wilayah pada bidang datar
· Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang datar
|
Jenis tagihan :
Tugas individu
Test kelompok
Test tertulis
Bentuk tagihan :
Uraian berstruktur
|
4 x 40
|
Sumber :
Aryono Prihandito (1989) Kartografi Yogyakarta : Mitra Gama Widya
Buku Geografi yang relevan
Bahan/Alat :
Atlas
Globe
Tanah
|
1.2 Mempraktekkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
|
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
|
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
|
· Membuat peta lingkungan sekitar/sekolah
|
· Secara kelompok mengukur lokasi sekolah/lingkungn dengan menggunakan kompas, meteran dan busur
· Secara kelompok mengolah data hasil pegukuran lokasi sekolah/lingkungan
· Secara kelompok membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan
|
· Membuat laporan data hasil pengukuran
· Merumuskan data hasil pengukuran
· Membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan
|
Jenis tagihan :
Tugas individu
Test tertulis
Bentuk tagihan :
Uraian berstruktur
|
12 x 40
|
Sumber :
Aryono Prihandito (1989) Kartografi Yogyakarta : Mitra Gama Widya
Buku Geografi yang relevan
Bahan/Alat :
Atlas
Globe
Tanah
Kompas
Meteran
|
1.3 Menganalisis lokasi indudtri dan pertanian dengan pemanfaatan peta
|
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
|
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
|
· Klasifikasi industri
· Menentukan lokasi industri atas dasar bahan baku, pasar, biaya angkut, tenaga kerja, modal, teknologi peraturan dan lingkungan
· Mengidentifikasi factor penyebab gejala agrlomerasi industri
· Menganalisis keterikatan sarana transportasi dengan aglomerasi
· Pemanfaatan peta dalam kajian aspek-aspek pertanian
|
· Secara individu, mengklasifikasikan industri berdasarkan criteria tertentu dari berbagai referensi
· Secara kelompok menganalisis keterikatan sarana transportasi dengan aglomerasi industri
· Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganallisis lokasi industri
· Secara kelompok diskusi tentang penentuan lokasi industri atas dasar bahan baku, pasar, biaya angkut, tenaga kerja, modal, teknologi peraturan dan lingkungan
· Secara kelompok mengidentifikasi factor penyebab gejala aglomerasi industri
· Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian
· Secara kelompok membuat laporan tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian
|
· Mengklasifikasikan industri berdasarkan criteria tertentu
· Menentukan lokasi industri atas dasar bahan baku, pasar, biaya angkut, tenaga kerja, modal, teknologi peraturan dan lingkungan
· Mengidentifikasi factor penyebab gejala aglomerasi industri
· Menganalisis keterikatan sarana transportasi dengan aglomerasi industri
· Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri
· Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian
· Membuat laporan diskusi tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian
|
Jenis tagihan :
Test kelompok
Ulangan kuis
Bentuk tagihan :
Uraian berstruktur
|
14 x 40
|
Sumber :
Liilesand dan Kiefer (1979) remote Sensing and image interpretation. New York : John Willy and Son
Buku Greografi yang relevan
Bahan/Alat :
Citra pengindraan jauh
Foto udara
|
No comments:
Post a Comment