Silabus ini lengkap semester 1 dan 2
salam buat guru sma semoga bermanfaat.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
| ||
Teknik
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| ||||||||
1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
|
· Pengertian Biosfer
· Faktor-faktor penyebaran flora dan fauna
· Ruang Lingkup Geografi
· Objek Studi Geografi
|
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
|
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
|
· Mengungkapkan kembali fenomena biosfer dari bahan berbagai referensi
· Secara berkelompok, mendiskusikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna, kemudian presentasi
|
· Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna
|
· Tugas individu
· Unjuk kerja
|
· Tertulis
· Makalah dan laporan hasil diskusi
|
· Carilah pengertian biosfer dari situs internet!
· Diskusikanlah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna
|
1x45 menit
1x45 menit
|
· Buku sumber
· Buku penunjang lain
· Gambar fenomena biosfer
· OHP atau Slide Proyektor
· Internet
|
1.2. Menganalisis sebaran flora dan fauna
|
· Sebaran flora dan fauna
· Flora dan fauna di Indonesia
|
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
|
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
|
· Menonton VCD tentang flora dan fauna di muka bumi
· Membuat peta persebaran flora dan fauna di dunia
· Mengamati peta sebaran flora dan fauna di permukaan bumi
· Mengamati peta persebaran flora dan fauna di Indonesia
· Secara kelompok, mendeskripsikan hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik lingkungannya
|
· Mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi
· Menjelaskan persebaran flora dan fauna
· Menganalisis persebaran flora dan fauna di Indonesia
· Menjelaskan hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik
|
· Unjuk kerja
· Tugas kelompok
· Unjuk kerja
· Tugas individu
· Tugas kelompok
· Tugas individu
· Unjuk kerja
|
· Karangan
· Peta
· Diskusi
· Uji penguasaan materi
· Peta
· Uji penguasaan materi
· Laporan hasil pengamatan dan diskusi
|
· Tontonlah VCD Flora dan Fauna tersebut dengan cermat! Buatlah ringkasannya secara berkelompok!
· Buatlah peta persebaran flora dan fauna di dunia!
· Diskusikanlah persebaran flora dan fauna di muka bumi!
· Kerjakanlah Uji Penguasaan Materi pada buku sumber (hal. 10 dan 17)!
· Buatlah peta persebaran flora dan dan fauna yang ada di Indonesia (Aktivitas hal.21)!
· Kerjakanlah Uji Penguasaan Materi pada buku sumber (hal.21)!
· Diskusikanlah hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik lingkungannya!
|
1x45 menit
1x45 menit
1x45 menit
|
· Buku sumber
· Buku penunjang lain
· VCD flora dan fauna
· OHP atau Slide Proyektor
· Internet
· Buku sumber
· Buku penunjang lain
· Peta persebaran flora dan fauna di muka bumi
· OHP atau Slide Proyektor
· Internet
· Buku sumber
· Buku penunjang lain
· Peta persebaran flora dan fauna di Indonesia
· OHP atau Slide Proyektor
· Internet
|
· Dampak kerusakan flora dan fauna terhadap kehidupan
|
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
|
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
|
· Mengkaji dampak kerusakan flora dan fauna terhadap kehidupan dari berbagai referensi
|
· Membuat laporan tentang dampak kerusakan flora dan fauna terhadap kehidupan
|
· Unjuk kerja
· Portofolio
· Tugas individu
|
· Tertulis
· Laporan hasil diskusi
· Soal evaluasi
|
· Carilah data mengenai kerusakan cagar alam atau suaka margasatwa dari situs internet atau media lainnya!
· Diskusikanlah dampak kerusakan cagar alam atau suaka margasatwa terhadap kehidupan di Indonesia dan usaha untuk mengatasinya (Aktivitas hal.24)!
· Kerjakanlah soal-soal evaluasi pada buku sumber!
|
1x45 menit
|
· Buku sumber
· Buku penunjang lain
· OHP atau Slide Proyektor
· Internet
| |
1.3. Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer
|
· Antroposfer
1) Kuantitas penduduk
- Komposisi penduduk menurut umur
- Komposisi penduduk menurut jenis kelamin
|
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
|
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
|
· Secara individu, siswa mencatat dan mengumpulkan data kependudukan dari RT masing-masing
· Mengelompokkan data kepndudukkan (4 RT), berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin
· Secara kelompok, menghitung sex ratio dan dependency ratio
|
· Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
· Mencatat dan mengumpulkan data kependudukan dari RT
· Mengelompokkan data kependudukan (4 RT), berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin
· Menghitung sex ratio dan dependency ratio
|
· Tugas individu
· Unjuk kerja
· Unjuk kerja
|
· Laporan
· Tertulis
· Tertulis
|
· Catatlah dan kumpulkan data kependudukan dari RT masing-masing!
· Kelompokkan data kependudukkan yang diperoleh dari 4 RT berdasarkan umur dan jenis kelamin!
· Hitunglah sex ratio dan dependency ratio berdasarkan data kependudukan yang telah diperoleh!
|
1x45 menit
|
· Buku sumber
· Buku penunjang lain
· Data Monografi Kelurahan
· OHP atau Slide Proyektor
· Gambar atau foto fenomena geosfer
· Internet
|
2) Kualitas penduduk
- Tingkat pendidikan
- Tingkat kesehatan
|
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
|
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
|
· Secara individu, mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasar tingkat pendidikan dan kesehatan dari hasil pencatatan data di lapangan
|
· Mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasar tingkat pendidikan dan kesehatan
|
· Tugas individu
· Unjuk kerja
· Tugas individu
· Portofolio
|
· Tertulis
· Karangan
· Uji penguasaan materi
|
· Carilah data kependudukan berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan dari dinas kependudukan!
· Uraikanlah kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan dari hasil pencatatan data di RT masing-masing!
· Kerjakanlah Uji Penguasaan Materi pada buku sumber (hal.39)!
· Tontonlah VCD mengenai planet dengan cermat! Buatlah ringkasannya!
· Kerjakanlah soal-soal evaluasi pada buku sumber!
|
1x45 menit
|
· Buku sumber
· Buku penunjang lain
· Data Monografi Penduduk
· OHP atau Slide Proyektor
· Internet
| |
1.4. Menganalisis aspek kependudukan
|
· Aspek kependudukan
1) Natalitas
2) Mortalitas
· Sejarah Pembentukan Muka Bumi
|
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
|
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
|
· Menghitung tingkat kelahiran penduduk dari data hasil pencatatan di lapangan
· Menghitung tingkat kematian penduduk dari data hasil pencatatan di lapangan
|
· Menghitung tingkat kelahiran penduduk
· Menghitung tingkat kematian penduduk
· Mendeskripsikan sejarah pembentukan muka bumi
|
· Tugas individu
· Tugas individu
|
· Uraian
· Uraian
· Tanya jawab
· Soal evaluasi
|
· Hitunglah angka kelahiran di wilayahmu!
· Hitunglah angka kematian di wilayahmu!
|
1x45 menit
1x45 menit
1x45 menit
|
· Buku sumber
· Buku penunjang lain
· Data Monografi Penduduk
· OHP atau Slide Proyektor
· Internet
|
3) Pertumbuhan penduduk
4) Migrasi
|
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
|
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
|
· Menghitung pertumbuhan penduduk pada suatu wilayah berdasarkan data yang telah tersaji
· Secara berkelompok, membuat peta penyebaran penduduk, tabel penduduk, dan grafik penduduk yang datanya telah tersaji
|
· Menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah
· Menyajikan informasi kependudukan melalui peta, tabel, grafik atau diagram
|
· Tugas Individu
· Tugas individu
· Tugas kelompok
· Tugas individu
|
· Uraian
· Uji Penguasaan Materi
· Peta
· Analisis kasus
|
· Hitunglah pertumbuhan penduduk beberapa wilayah di Indonesia!
· Kerjakanlah Uji Penguasaan Materi hal.47!
· Buatlah peta kepadatan penduduk kelurahan tempat tinggal berdasarkan data jumlah penduduk dan luas wilayah (Aktivitas hal.51)!
· Kerjakanlah Analitika pada buku sumber hal.50-51
|
1x45 menit
1x45 menit
|
· Buku sumber
· Buku penunjang lain
· Data Monografi Penduduk
· OHP atau Slide Proyektor
· Internet
|
No comments:
Post a Comment