Kuis
Materi Perilaku Konsumen dan Produsen
Kuis Perilaku Konsumen dan Produse |
Buat teman-teman guru SMA Meteri tentang Perilaku
Konsumen dan Produsen yang di sajikan pada semester satu Kelas X, saya hanya
ingin memabagi ilmu ini bagaimana cara untuk mengevaluasi kemampuan belajar
siswa setelah selesai menerima materi
pembelajaran dan untuk merangsang atau
meningkatkan prestasi belajar siswa dengan memberikan kuis. Selamat
menjawab buat adik-adik siswa kelas X dan Selamat menyajikan buat guru SMA.
Kuis
- Apa hubungan Manfaat dan Nilai suatu barang terhadap perilaku prodesen dan konsumen?
- Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
- Mengapa perilaku konsumen perlu di kaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industry ?
- Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen ?
- Apa yang dimaksud dengan perilaku Produsen ?
Jawab
:
- Nilai suatu barang adalah terdiri dari nilai pakai/guna dan nilai tukar, dimana suatu barang dapat dinilai oleh konsumen untuk dapat dipakai dalam memenuhi kebutuhan dan dapat ditukar dengan barang lain atau uang, maka perilaku konsumen dan produsen dapat menganalisis suatu barang yang akan dipakai.
- Perilaku Konsumen adalah analisis ekonomi tentang tingkah laku konsumen dalam membuat pilihan untuk menggunakan dan membelanjakan pendapatan yang diperolehnya atau bagaimana seorang konsumen menggunakan barang dan jasa sehingga ada kegunaan yang maksimum
- Untuk Mendesain bauran pemasaran,Mensegmen pasar bisnis,Memposisikan dan mendeferensiasikan produk,Melaksanakan analisis lingkungan,Mengembangkan studi riset pasar, serta Konsumen merupakan aset yang berharga bagi para produsen dimana mereka akan memberikan sebuah keuntungan yang menjanjikan untuk melangsungkan kehidupan mereka. Sehingga perlu adanya mempelajari perilaku para konsumen, Sehingga bagaimana konsumen mau mengeluarkan sumber dayanya seperti uang,waktu, dan tenaga untuk membeli barang yang di tawarkan oleh produsen.
- Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen, yaitu :
A. Pendekatan interpretif :
Mencari informasi kepada konsumen terhadap perilaku konsumsinya secara
mendalam. Hal ini bisa dilakukan dengan melalui wawancara untuk menanyakan apa
yang dirasakan dan di alami konsumen ketika membeli sebuah produk dan
jasa.
B. Pendekatan tradisional :
Ilmu psikologi menjadi landasan untuk mengetahui tentang bagaimana
seorang konsumen memproses informasi, membuat keputusan, serta pengaruh
lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.
C. Pendekatan sains marketing : Metode
ini mencoba melakukkan sebuah pengukuran dari ilmu statistika dan ekonomi walau
hasil yang di dapat hanya sebuah pendekatan. Namun, dapat memperkirakan
pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi.
5. Perilaku produsen adalah bagaimana sikap para produsen dalam
menawarkan barang dan jasa yang diproduksinya atau seorang produsen berusaha
untuk menggunakan faktor produksi yang dimiliki secara efesien atau bagaimana
seorang produsen menggunakan faktor produksi sehingga memperoleh keuntugan
dalam menghasilkan suatu barang
No comments:
Post a Comment