Sunday, November 11, 2012

Standar Nilai Ujian Nasional Tahun 2013 Dinaikan



Standar Nilai Ujian Nasional Tahun 2013

Jasablogweb : Standar Nilai Ujian Nasional akan dinaikan, pada tahun 2012 rata-rata 5,5 dan pada tahun 2013 rencananya dinaikan menjadi 6,0 dan memiliki 20 Variasi Soal Tiap Ruangan Ujian. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bersama dengan Badan Standar Nasional Pendidikan Nasional (BSNP) tengah membahas tentang peningkatan standar Ujian Nasional (UN) 2013.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh menjelaskan, saat ini ada dua opsi yang berkembang untuk meningkatkan standar UN. Pertama, standar nilai UN yang akan dinaikkan, atau komposisi tingkat kesulitan soal yang akan dirubah.

"Pemikiran untuk meningkatkan standar UN itu ada, dan ini akan kita matangkan bersama dengan BSNP. Tapi belum kita finalkan, baik passing grade maupun komposisi mudah, sedang, dan sukar pada soal, itu masih menjadi opsi," ujar Nuh saat konfrensi pers tentang rencana pelaksanaan UN 2013, di Gedung Kemdikbud, Kamis (11/10).

Seperti diketahui, standar nilai kelulusan UN tahun 2012 adalah 5,5. Pemerintah mengambil ancang-ancang untuk meningkatkan standar tersebut menjadi 6. Adapun komposisi tingkat kesulitan UN 2012, soal yang masuk kategori mudah 10 persen, sedang 80 persen, dan soal sukar 10 persen. Jika pemerintah akan meningkatkan komposisi kesulitan soal, maka jumlah soal sukar akan ditambah menjadi 20 persen.  

Meski demikian, pihaknya masih akan melakukan kajian mendalam terkait hal tersebut. Jangan sampai, kebijakan tersebut justru akan memberikan dampak buruk terhadap kelulusan siswa.
"Tentunya ini akan dikaitkan dengan calon pemakai, yakni perguruan tinggi. Kita juga akan melihat dari kelulusannya. Kalau diberikan beban berat dan berdampak kepada ketidaklulusan kan juga tidak fair. Semuanya dilihat petanya," terangnya.
Sumber : suaramerdeka.com

No comments:

Post a Comment