Sunday, November 11, 2012

20 Paket Soal Ujian Nasional Tahun 2013


Standar Nilai Ujian Nasional Tahun 2013

Jasablogweb : Pemerintah memastikan bahwa pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2013 menggunakan 20 variasi soal atau 20 paket soal dalam satu ruangan. Hal tersebut dilakukan untuk mendorong semangat kejujuran dalam pelaksanaan UN.

"Kami bertekad dan sedang dimatangkan bersama dengan BSNP membuat 20 variasi soal UN. Alasannya, supaya akan bisa konsen dalam mengerjakan UN, tidak tolah-toleh karena soalnya berbeda semua. Dengan demikian, semangat kejujuran kita dorong," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, di Gedung Kemdikbud, Kamis (11/10).
Dirinya menegaskan, seharusnya sudah tidak ada perdebatan lagi tentang pelaksanaan UN. Pasalnya, sambung dia,UN memiliki landasan yang kuat, baik dari sisi legal yuridis maupun dari segi akademik. 

"Dari yuridis diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Dari kajian akademik, ujian yang dilaksanakan secara nasional itu ada dasarnya, yang penting menyangkut akademik dan pedagodik," tegasnya.
Sementera itu, Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Muhammad Aman Wirakartakusumah memastikan bahwa 20 varian tersebut akan memiliki bobot kesulitan yang sama. 

"Kami sedang mempersiapkan bank soal yang menncukupi. 20 set soal itu akan memiliki tingkat kesulitan yang setara," jelasnya.
Sumber : suaramerdeka.com

No comments:

Post a Comment