Monday, November 19, 2012

Permasalahan Ekonomi



Ilmu Ekonomi berkembang dari pengamatan atas permasalahan-permasalahan ril yang  ditemui  sehari-hari.  Untuk itu, pengamatan demikian harus dibekali dengan pertimbangan-pertimbangan yang mampu  menghubungkan masalah-masalah, antara satu faktor dengan faktor lainnya, mana faktor penyebab dan akibat, sehingga diperoleh gambaran yang dilakukan  secara lebih menyeluruh. Untuk lingkup yang lebih luas pengamatan bahkan diharapkan harus mampu menjelaskan sistem perekonomian yang  sedang berjalan.  Dengan  bekal  pertimbangan-pertimbangan  keilmuan akhirnya  kita  dapat  sampai pada  suatu  cara  penyelesaian (pemecahan) atas permasalahan yang dihadapi. Dalam kaitan ini, maka sebagai salah satu cabang ilmu, Ilmu ekonomi harus mampu menjelaskan persoalan-persoalan yang dihadapi.
Secara  umum permasalahan ekonomi dapat beriskan pertanyaan tentang 1) Apa yang dihasilkan, 2) Bagaimana menghasilkan, dan 3)  Untuk siapa dihasilkan. Pertanyaan pertama, menyangkut  apa yang dihasilkan mencakup pertimbangan barang atau jasa  apa yang dihasilkan oleh suatu organisasi ataupun negara. Suatu negara tidak berfikir bahwa mereka harus menghasilkan seluruh apa yang dibutuhkan, melainkan menghasilkan apa yang dapat dilakukan secara teknis dan menguntungkan. Pertimbangan teknis menyangkut   kemampuan  menghasilkan, sedangkan pertimbangan  menguntungkan  menyangkut  manfaat yang akan diterima.  Dalam pertanyaan ini jelas akan mengarahkan pembidangan, apa yang harus dihasilkan oleh pemerintah  dan selanjutnya apa pula yang dihasilakan oleh pasar.  Walau harus dicatat bahwa pertanyaan  demikian tidak saja ditentukan oleh pertimbangan ekonomi, akan tetapi menyangkut pertimbangan politik.
Sementara  pertanyaan kedua  menyangkut bagaimana menghasilkan. Pertanyaan ini menyangkut cara menghasilkan, teknologi yang digunakan,  dan  siapa pelaksananya di  satu negara. Pertanyaan ini menyangkut dimensi yang lebih luas. Misalnya untuk menghasilakan satu jenis barang dan jasa dibutuhkan capital  intensive yang menjadi tidak menarik dimana negara tersebut sedang menghadapi mahasiswa pengangguran misalnya.  Dan pertanyaan ketiga  terakhir menyangkut siapa yang aka  memakai  barang maupun jasa yang  dihasilkan. Pertanyaan ini menyangkut pasar, siapa yang akan membeli, mengkonsumsi. Karena, tanpa pasar tidak akan ada keuntungan dan kelangsungan daripada produksi yang dilaksanakan. Ketiga pertanyaan ini secara jelas satu dengan lain saling berkaitan untuk menentukan kinerja perekonomian secara makro.

No comments:

Post a Comment