Saturday, November 10, 2012

Implikasi pribadi dengan Ilmu Ekonomi



Implikasi pribadi dengan Ilmu Ekonomi
            Pilihan untuk menjadi ahli ekonomi menjadi  prioritas bagi sebahagian orang, dan  ternyata semakin banyak para alumnus ekonomi yang dipekerjakan oleh perusahaan besar. Apa pekerjaan mereka? Tugas mereka menyimpulkan dan menginterpertasikan informasi ekonomi, dimana keputusan bisnis yang diputuskan dari hasil penelitian. Ilmu Ekonomi juga membekali individu, konsumen dan pekerja atau buruh dengan wawasan bagaimana melakukan pembelian atau mengkonsumsi yang lebih baik dan membuat keputusan tentang tenaga kerja. Bagaimana seseorang harus memutuskan apa yang dibeli dan berapa banyak? Bagaimana seseorang dapat menghindari kemungkinan penurunan nilai tukar dollar yang mengiringi inflasi? Pekerjaan apa yang baik gajinya, dan sedikit risiko, pemutusan hubungan kerja atau pengangguran? Secara individu orang yang memahami analisis Ilmu Ekonomi memang mendapat kesempatan yang luas dan dalam. Artinya, dapat disimpulkan bahwa mereka akan lebih bermanfaat, dan lebih daripada itu mereka lebih berkemungkinan memperoleh pendapatan yang lebih tinggi.
            Berdasarkan  penjelasan di atas maka dapat disimpulkan  bahwa munculnya Ilmu Ekonomi didasarkan kepada dua hal yakni 1) kebutuhan  yang  tidak terbatas (unlimited) dan  2)  sumberdaya yang  terbatas (limited). Dari kedua kenyatan ini maka  orang akan selalu berhadapan dengan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pemilihan kebutuhan mana yang segera  dipenuhi.
            Batasan  ilmu  ekonomi juga berkembang dari  kedua  fakta  di atas, sehingga Ilmu Ekonomi dapat didefinisikan sebagai  ilmu    yang  berusaha memberikan alternatif dalam mengelola  sumberdaya  yang  terbatas ke arah pemakaian yang  kompetitif  guna memenuhi kebutuhan yang tak terbatas.         Tentang lingkup definisi ini akan bervariasi dari  ekonom  yang satu dengan ekonom yang lain, namun pengertian utamanya tetap sama. Definisi akan sering diwarnai oleh kondisi  aktual seperti pembangunan yang berkelanjutan, gejala globalisasi, atau lainnya yang mungkin bersifat  temporer.

No comments:

Post a Comment