BAB 1. BIOSFER
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA N 1 BOLANGITANG BARAT
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Mengungkapkan kembali pengertian fenomena biosfer
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B. Materi Pembelajaran
- Pengertian biosfer
- Fenomena biosfer
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menjelaskan pengertian fenomena biosfer | · Mengungkapkan kembali fenomena biosfer dari bahan berbagai referensi · Secara berkelompok, mendiskusikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna, kemudian presentasi | · Siswa dapat Carilah pengertian biosfer dari situs internet! · Diskusikanlah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna |
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Memberi salam dan mengabsen
· Apersepsi materi
2. Kegiatan Inti: 30 menit
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Guru menjelaskan pengertian biosfer dan fenomenanya secara garis besar dengan menggunakan gambar (hal 3-4). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian biosfer dari berbagai pakar dari situs internet. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Siswa membuat karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai pengertian biosfer di buku sumber (hal 3-4). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
Bagi rekan-rekan ingin download KLIK DI SINI
No comments:
Post a Comment