Sunday, December 2, 2012

Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online di blog atau website Terbaru



Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini, akan memudahkan kita untuk bekerja lebih simple dan mengefisienkan waktu. Jasablogweb ingin berbagi pengalaman sesuai dengan Formulir yang saya buat untuk mendaftar di Komunitas Blogger SMA N 1Bolangitang Barat.
Cara ini biasa di gunakan untuk Pendaftaran Penerimaan siswa Baru Online, Pendaftaran Anggota Komunitas, dan lain-lain.  Sehubungan dengan pesan di atas mari kita ikuti langkah-langkah untuk membuat Formulir Pendaftaran secara online di blog maupun website dengan menggunakan jasa om/mba Gooogle, mari kita simak baik-baik cara berikut ini: 

1.    Anda harus punya blog dulu atau website!
2.    Ketikkan pada alamat URL  : http://docs.google.com/
3.    Login dengan akun google anda dan akan tampil seperti gambar di bawah ini :


4.    Kemudian pilih Formulir akan tampil seperti di bawa  ini :

Langkah selanjutnya anda tinggal masukan Judul Formulirnya contoh “Pendaftaran Siswa Baru” dan masukan pesan-pesan yang berhubungan dengan informasi untuk membantu atau memudahkan pendaftar dalam mengisinya formulirnya.
5.    Buatlah Judul pertanyaan contoh “Nama Lengkap” , Teks Bantuan contoh “Masukan nama lengkap bukan nama panggilan”
6.    Buat Jenis pertanyaan, untuk pilihan ini ada beberapa macam seperti : teks, teks paragraph, pilihan berganda, kotak centang dan lain-lain, dan saya rasa kalau untuk nama cocoknya ada teks, kalau pilihan berganda untuk kompatibel dengan cara membuat polling atau Soal pilihan ganda untuk Soal Semester untuk ujian online.
7.    Setelah buat beberapa pertanyaan jangan lupa klik Menu Simpan yang ada di bagian kanan atas Formulirya.
8.    Kemudian untuk menempelkan atau di masukan di blog atau website kopi code html-nya dengan cara klik pada bagian kanan atas kalau tidak salah dekat dengan menu Simpan “Mau diapakan?”  pada menu ini ada dua pilihan yaitu sematkan dan edit konfirmasi, anda pilih saja sematkan. Dan akan tampil form seperti gambar di bawah ini :

 Kalau sudah muncul gambarnya silakan kopi aja html-nya, lalu disimpan di blognya dengan membuatkan halaman baru. ingin melihat demonya Klik di sini
9.    Adapun cara melihat data yang masuk dari pendaftar yaitu :
1. Masuk kembali ke acoount google Sobat
2. Klik lagi : http://docs.google.com/
3. Lalu klik menu yang ada di sisi kiri
4. Tinggal klik Formulir yang kita simpan sesuai dengan nama formulir yang kita buat. Dan bisa di undu dalam bentuk Excel.

1 comment:

  1. makasih gan sangat bermanfaat tips cara membuat formulir salm kenal

    ReplyDelete