Monday, October 22, 2012

Kuis Materi Perilaku Konsumen dan Produsen



Kuis Materi Perilaku Konsumen dan Produsen 

Kuis Perilaku Konsumen dan Produse
Buat teman-teman guru SMA Meteri tentang Perilaku Konsumen dan Produsen yang di sajikan pada semester satu Kelas X, saya hanya ingin memabagi ilmu ini bagaimana cara untuk mengevaluasi kemampuan belajar siswa  setelah selesai menerima materi pembelajaran dan untuk merangsang atau  meningkatkan prestasi belajar siswa dengan memberikan kuis. Selamat menjawab buat adik-adik siswa kelas X dan Selamat menyajikan buat guru SMA.
Kuis

  1. Apa hubungan Manfaat dan Nilai suatu barang terhadap perilaku prodesen dan konsumen?
  2. Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
  3. Mengapa perilaku konsumen perlu di kaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industry ?
  4. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen ?
  5. Apa yang dimaksud dengan perilaku Produsen ?

Jawab :

  1. Nilai suatu barang adalah terdiri dari nilai pakai/guna dan nilai tukar, dimana suatu barang dapat dinilai oleh konsumen untuk dapat dipakai dalam memenuhi kebutuhan dan dapat ditukar dengan barang lain atau uang, maka perilaku konsumen dan produsen dapat menganalisis suatu barang yang akan dipakai.
  2. Perilaku Konsumen adalah analisis ekonomi tentang tingkah laku konsumen dalam membuat pilihan untuk menggunakan dan membelanjakan pendapatan yang diperolehnya atau bagaimana seorang konsumen menggunakan barang dan jasa sehingga ada kegunaan yang maksimum
  3. Untuk Mendesain bauran pemasaran,Mensegmen pasar bisnis,Memposisikan dan mendeferensiasikan produk,Melaksanakan analisis lingkungan,Mengembangkan studi riset pasar, serta Konsumen merupakan aset yang berharga bagi para produsen dimana mereka akan memberikan sebuah keuntungan yang menjanjikan untuk melangsungkan kehidupan mereka. Sehingga perlu adanya mempelajari  perilaku para konsumen, Sehingga bagaimana konsumen mau mengeluarkan sumber dayanya seperti uang,waktu, dan tenaga untuk membeli barang yang di tawarkan oleh produsen.
  4. Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen, yaitu :

A.  Pendekatan interpretif : Mencari informasi kepada konsumen terhadap perilaku konsumsinya secara mendalam. Hal ini bisa dilakukan dengan melalui wawancara untuk menanyakan apa yang dirasakan dan di alami konsumen ketika membeli  sebuah produk dan jasa.
B.   Pendekatan tradisional : Ilmu psikologi menjadi landasan untuk mengetahui  tentang bagaimana seorang konsumen memproses informasi, membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.
C.     Pendekatan sains marketing : Metode ini mencoba melakukkan sebuah pengukuran dari ilmu statistika dan ekonomi walau hasil yang di dapat hanya sebuah pendekatan. Namun,  dapat memperkirakan pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi.
5. Perilaku produsen adalah bagaimana sikap para produsen dalam menawarkan barang dan jasa yang diproduksinya atau seorang produsen berusaha untuk menggunakan faktor produksi yang dimiliki secara efesien atau bagaimana seorang produsen menggunakan faktor produksi sehingga memperoleh keuntugan dalam menghasilkan suatu barang

No comments:

Post a Comment