Tuesday, April 16, 2013

Cara Mengganti Domain Blogspot Menjadi Dot Com Bagian 1


Tepat pada tanggal 10 Agustus 2012 saya telah menggati domain saya dari www.jasabloweb99.blogspot.com menjadi www.jasablogweb.com . Dalam artikel ini saya mocerita hanya sesuai pengalaman saya pada saat mengganti domain .blogspot.com menjadi .com kalau untuk domain lainnya sesuai dengan keinginan kita dan  langkah-langakahnya untuk merubah domain blogspot menjadi domain kita inginkan langkahnya sama saja. Tapi kali ini saya hanya berbagi mengenai .com, atau orang sering menyebutnya custom domain. Sehingga saya berpikir dari pada nanti saya akan lupa cara-caranya, maka saya akan abadikan dalam tulisan saya walaupun tidak selengkap apa yang diharapkan, yang penting bisa dimengerti dan bisa dipraktekan, tujuannya untuk menjaga jangan sampai ada  teman-teman monanya tentang bagaimana cara mengganti domainya. ayo langsung kita ke TKP.
Langkah Pertama (1)  : Persiapan Sebelum Berganti Domain
Ada beberapa hal yang harus kita siapkan antara lain : 
  1. Tempat atau Web hosting yang digunakan untuk menyewa domain (Dalam hal ini saya akan menggunakan jasa dari Idwebhost.com tempat saya menyewa domain).
  2. Nama domain yang akan nantinya akan sobat pakai ketika menggunakan domain .com.
  3. Hosting. Karena nantinya hosting yang akan kita gunakan tetap dari blogger.com maka  kita tidak perlu biaya untuk menyewa hosting.
  4. Uang yang nantinya akan digunakan untuk membayar biaya sewa domain (Di Idwebhost sendiri biaya utnuk menyewa domain .com sebesar Rp 95.000,- per tahun harga kandang-kandang mengalami perubahan dari waktu-kewaktu tergantung pihak Idwehost). Jika sobat harga ini terasa mahal bisa di cari webhosting yang cocok dengan keadaan ekonomi sobat.
  5. Persiapkan juga blog sobat yang akan digunakan untuk berganti domain, karena dalam beberapa jam kedepan setelah proses pengaktivasian domain maksimal 1 x 24 jam.
Langkah Kedua (2) : Proses Pembelian atau Sewa Domain
***** Cek Ketersediaan Domain *****
Langkah berikutnya adalah proses dimana kita akan menyewa domain .com ini. Caranya sebagai berikut: Kunjungi Website resmi dari Idwebhost.com. atau webhosting yang sobat gunakan. Dan masukkan nama domain yang sobat inginkan ke dalam kotak Search Engine yang ada pada webshoting yang sobat gunakan.
Jika nama domain yang diinginkan tersedia maka akan muncul background kotak akan berwarna hijau tua dan terdapat tulisan available. Kemudian klik Order Now. Pilih Domain saja pada kotak service option karena hosting yang akan kita gunakan nantinya berasal dari blogger.com, Klik Order.
*****  Mengisi Form Pendaftaran dan Penyewaan Domain *****

Setelah itu akan muncul form pendaftaran. Isi data sobat sebenar-benarnya dan selengkap - lengkapnya agar mempermudah proses penyewaan domain nantinya.

Apabila dalam pengisian data sobat menemukan kesulitan untuk dipahami, saya sarankan untuk bertanya kepada customer support yang sedang online pada saat itu bisa melalui Yahoo Massenger maupun nomor telpon/HP yang tercantum. Karena sepengetahuan saya CS dari Idwebhost.com ini selalu online 24 jam.

****  Cek Email ****

Jika tahapan ini telah selesai dilakukan dan sobat sudah menekan tombol finish, lalu cek inbox alamat email yang sobat gunakan pada saat mendaftar atau menyewa domain di Idwebhost.

**** Pembayaran dan Aktivasi Domain ****

Langkah berikutnya adalah transfer biaya sewa domain yang sudah ditetapkan dan disepakati ke salah satu rekening tujuan yang di beritahukan oleh pihak Idwebhost. Namun apabila sobat tidak mempunyai rekening bank.

Jika proses transfer rekening ini sudah selesai dilakukan segera lakukan aktivasi melaui sms ke +6285729999951 atau hubungi nomor telepon yang tertera pada website idwebhost. Yang isinya kurang lebih data diri sobat, nama domain/hosting, nama bank, serta jumlah pembayaran. Pada saat menelpon anda bisa langsung minta tolong pada karyawan idwebhost untuk meminta supaya mereka yang akan setting DNS-nya pada webhosting, hal ini saya uda coba mereka dengan rela untuk melayani sobat. Jadi nanti sobat kurang setting di blogger saja.
**** Cek Email /HP****

Apabila kita sudah selesai proses aktivasi melalu sms dikirim, cek inbox email dan  sobat akan mendapatkan kiriman pemberitahuan dari Idwebhost yang di dikirim di HP seperti di bawah ini : “
Yth. Elos, account jasablogweb.com telah kami proses silakan cek email anda terima kasih-IDwebhost.

Setelah ini sobat akan mendapatkan info mengenai id dan password untuk login ke Web Hostingnya Idwebhost. Langkah selanjutnya adalah Proses settingan di dalam Web Hosting Idwebhost dan Di dalam Blogger itu sendiri. Namun untuk langkah ini akan saya sambung pada artikel saya yang berikutnya. Jadi silakan kunjungi balik www.jasablogweb.com Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment