Bekerja sambil belajar kali ini menulis silabus sejarah kelas XII berkarakter untuk Jurusan IPS. Bagi teman-teman guru SMA silakan dowload KLIK DI SINI
Semoga bermanfaat dan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang sebagai mana tertuang dalam amanah UUD 1945.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| ||||||||
1.1. Menganalisis Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan Pembentukan Pemerintah Indonesia
|
Indonesia Pada Awal Kemerdekaan Hingga Tahun 1950
· Upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
· Peristiwa seputar Proklamasi 17 Agustus 1945
|
“ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
“ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
“ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
“ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
“ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
|
· Diskusi jigsaw mengenai BPUPKI dan PPKI
· Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari Rengasdengklok hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
|
· Mendeskripsikan upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari pembentukan BPUPKI hingga PPKI
· Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari Rengasdengklok hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
|
· Unjuk Kerja
· Portofolio
|
· Diskusi Jigsaw
· Kronologi
|
· Diskusikan mengenai BPUPKI dan PPKI!
· Buatlah sebuah kronologi singkat dari peristiwa-peristiwa politik di seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia! (Aktivitas hal 14)
|
3x45 menit
|
· Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 1 – 30)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku penunjang
· Internet
|
1.2. Menganalisis Perkembangan Ekonomi-Keuangan dan Politik pada Masa Awal Kemerdekaan sampai Tahun 1950
|
· Kebijakan pemerintah Indonesia pada masa awal kemerdekaan
|
“ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
“ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
“ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
“ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
“ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
|
· Pembelajaran inquiri mengenai kebijakan pemerintah Indonesia pada masa awal kemerdekaan
|
· Menganalisis kebijakan pemerintah Indonesia pada masa awal kemerdekaan
|
· Tes Tertulis
|
· Pilihan Ganda
· Uraian
|
· Maklumat Pemerintah yang menyatakan berdirinya Tentara Keamanan Rakyat (TKR) adalah ...
a. 5 Oktober 1945
b. 6 Oktober 1945
c. 20 Oktober 1945
d. 5 Oktober 1946
e. 3 Juni 1947 (Evaluasi hal 28 – 30)
· Apakah isi Maklumat Politik 3 November 1945? (Evaluasi hal 30)
|
3x45 menit
|
· Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 1 – 30)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku penunjang
· Internet
|
· Perkembangan situasi politik dan kenegaraan Indonesia di awal kemerdekaan
|
“ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
“ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
“ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
“ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
“ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
|
· Diskusi dan analisis perkembangan situasi politik dan kenegaraan Indonesia di awal kemerdekaan
|
· Menganalisis perkembangan situasi politik dan kenegaraan Indonesia di awal kemerdekaan
|
· Unjuk Kerja dan Portofolio
|
· Presentasi dan Uraian Analitis
|
· Buatlah kelompok diskusi yang terdiri 3-4 orang! Buatlah analisis hubungan antara berbagai peristiwa politik di seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia! Susunlah sebaik mungkin! Jadikan tugas portofolio dan presentasikan di depan kelas! (Analitika hal 27)
|
3x45 menit
|
· Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 1 – 30)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku penunjang
· Internet
| |
Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Pada Tahun 1945-1949
· Konflik Indonesia-Belanda 1945-1949
|
“ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
“ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
“ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
“ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
“ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
|
· Diskusi jigsaw mengenai konflik Indonesia-Belanda dalam upaya mempertahankan kemerdekaan
|
· Mendeskripsikan konflik Indonesia-Belanda dalam upaya mempertahankan kemerdekaan
|
· Unjuk Kerja
|
· Diskusi Jigsaw
|
· Diskusikanlah konflik Indonesia-Belanda dalam upaya mempertahankan kemerdekaan!
|
3x45 menit
|
· Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 31 – 58)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku penunjang
· Internet
| |
· Perbedaan strategi dan ideologi dalam menghadapi Belanda dan konflik antarkelompok politik di Indonesia
|
“ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
“ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
“ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
“ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
“ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
|
· Menganalisis perbedaan strategi dan ideologi politik pada masa pemerintahan kabinet Syahrir, Amir Syarifuddin, dan Hatta dalam menghadapi Belanda
|
· Menganalisis perbedaan strategi dan ideologi politik pada masa pemerintahan kabinet Syahrir, Amir Syarifuddin, dan Hatta dalam menghadapi Belanda
|
· Tes Tertulis
|
· Pilihan Ganda
· Uraian
|
· Perundingan yang dilaksanakan pada masa pemerintahan kabinet Amir Syarifuddin adalah ...
a. Renville
b. Inter-Indonesia
c. Linggarjati
d. Meja Bundar
e. Roem-Royen (Evaluasi hal 56 – 58)
· Jelaskanlah masing-masing kebijakan dari kabinet Syahrir, Amir Syarifuddin, dan Hatta dalam menghadapi Belanda! (Evaluasi hal 58)
|
3x45 menit
|
· Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 31 – 58)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku penunjang
· Internet
| |
· Perjuangan diplomasi Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan
|
“ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
“ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
“ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
“ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
“ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
|
· Mendiskusikan faktor-faktor penyebab keberhasilan diplomasi Indonesia di dunia internasional dalam memperjuangkan wilayah Indonesia
|
· Mendeskripsikan perjuangan diplomasi Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan
|
· Unjuk Kerja
|
· Diskusi
|
· Buatlah kelompok yang terdiri dari 3-4 orang. Diskusikanlah faktor-faktor penyebab keberhasilan diplomasi Indonesia di dunia internasional dalam memperjuangkan wilayah Indonesia! (Aktivitas hal 55)
|
2x45 menit
|
· Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 31 – 58)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku penunjang
· Internet
| |
1.3. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia dalam Mempertahankan Kemerdekaan dari Ancaman Disintegrasi Bangsa
|
Upaya Bangsa Indonesia dalam Mempertahankan Persatuan dan Kesatuan
· Gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965
|
“ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
“ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
“ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
“ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
“ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
|
· Inquiri mengenai gejolak sosial pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965
|
· Mendeskripsikan gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965
|
· Portofolio
|
· Esai
|
· Apakah penyebab munculnya Dewan Banteng, Dewan Garuda, Dewan Gajah, dan Dewan Manguni di Indonesia? (Aktivitas hal 101)
|
3x45 menit
|
· Buku Sejarah SMA – ESIS (hal 87 – 114)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Internet
|
· Peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI
|
“ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
“ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
“ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
“ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
“ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
|
· Pembelajaran melalui ICT dengan mencari berbagai informasi mengenai G30S/PKI dan dampak dari peristiwa tersebut
|
· Mendeskripsikan peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI
· Mendeskripsikan dampak sosial politik dari peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI
|
· Tes Tertulis
· Portofolio
|
· Pilihan Ganda
· Uraian
· Analisis Singkat
|
· Badan PKI yang dibentuk dan diketuai langsung oleh D.N. Aidt pada 1964 adalah ...
a. Dewan Jenderal
b. Dewan Revolusi
c. Biro Politik
d. Biro Revolusi
e. Dewan Politik (Evaluasi hal 111 – 114)
· Sebutkanlah isi Tritura! (Evaluasi hal 113 – 114)
· Buatlah sebuah analisis singkat mengenai dampak sosial politik dari G30S/PKI di masyarakat! (Aktivitas hal 110)
|
3x45 menit
|
· Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 87 – 114)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku penunjang
· Internet
| |
1.4. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi serta Perubahan Masyarakat di Indonesia dalam Upaya Mengisi Kemerdekaan
|
Indonesia Pada Masa Demokrasi Parlementer dan Demokrasi Terpimpin
· Kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
· Kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
|
“ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
“ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
“ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
“ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
“ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
|
· Diskusi dan analisis kehidupan politik masing-masing kabinet pada masa Demokrasi Parlementer
· Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
|
· Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
· Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
|
· Unjuk Kerja dan Portofolio
· Tes Lisan
|
· Diskusi dan Analisis
· Soal Kebijakan Ekonomi
|
· Buatlah sebuah kelompok diskusi! Analisislah kehidupan politik di masa masing-masing kabinet pada masa Demokrasi Parlementer dalam format yang tersusun rapi! (Aktivitas hal 66)
· Jelaskan kebijakan ekonomi dari kabinet Sukiman!
|
3x45 menit
|
· Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 59 – 86)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku penunjang
· Internet
|
· Kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
· Kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
|
“ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
“ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
“ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
“ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
“ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
|
· Pembelajaran melalui ICT dengan mencari berbagai informasi mengenai kebijakan politik pada masa Demokrasi Terpimpin
· Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
|
· Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
· Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
|
· Portofolio
· Tes Lisan
|
· Analisis
· Soal Kebijakan Ekonomi
|
· Buatlah analisis mengenai kebijakan politik masa Terpimpin dan dampaknya terhadap kehidupan politik Indonesia! Gunakan ensiklopedi, buku-buku, atau internet! (Aktivitas hal 73)
· Jelaskan kondisi perekonomian masyarakat pada masa Demokrasi Terpimpin
|
3x45 menit
|
· Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 59 – 86)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku penunjang
· Internet
| |
· Perubahan sosial dan budaya bangsa Indonesia
|
“ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
“ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
“ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
“ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
“ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
|
· Menganalisis perubahan sosial dan budaya bangsa Indonesia
|
· Menganalisis perubahan sosial dan budaya bangsa Indonesia
|
· Tes Tertulis
|
· Pilihan Ganda
· Uraian
|
· Angkatan kelima yang diusulkan PKI terdiri atas ...
a. Angkatan Darat
b. Kepolisian
c. Angkatan Laut
d. Buruh dan petani yang dipersenjatai
e. Angkatan Udara (Evaluasi hal 83 – 85)
· Jelaskan mengenai perubahan sosial dan budaya pada periode 1950-an! (Evaluasi hal 85 - 86)
|
3x45 menit
|
· Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 59 – 86)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku penunjang
· Internet
| |
· Kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an
|
“ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
“ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
“ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
“ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
“ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
|
· Mendeskripsikan kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an
|
· Mendeskripsikan kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an
|
· Portofolio
|
· Karya Tulis
|
· Buatlah sebuah cerita pendek mengenai keterkaitan kondisi ekonomi, politik, dan sosial masyarakat Indonesia di masa awal tahun 1960-an! Bacalah buku atau artikel dari internet untuk menambah wawasanmu tentang peristiwa pada masa itu! (Aktivitas hal 82)
|
1x45 menit
|
· Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 59 – 86)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku penunjang
· Internet
|
No comments:
Post a Comment