RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP Lengkap semester 1 dan 2
Bagi rekan-rekan yang ingin Download KLIK DI SINI
NAMA SEKOLAH : SMA Negeri 1 Bolangitang Barat
MATA PELAJARAN : Geografi
KELAS : XII
SEMESTER : 1 ( satu )
TAHUN PELAJARAN : 2011/2012
ALOKASI WAKTU : 4 x 40 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
1. Mempraktekkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
II. KOMPETENSI DASAR
1.1.Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu
· Menunjukkan komponen-komponen peta
· Mengidetifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan peta wilayah pada bidang datar
· Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang datar
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
IV. MATERI PEMBELAJARAN
Prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
V. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
· Menunjukkan komponen-komponen peta
· Mengidetifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan peta wilayah pada bidang datar
· Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang datar
VI. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya jawab, Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskripsik-an prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan | · Secara individu, mengidentifikasi komponen peta pada atlas · Secara kelompok diskusi tentang penggambaran satu wilayah pada globe ke bidang datar · Secara kelompok membuat peta suatu wilayah dari globe ke bidang datar | · Siswa dapat Menunjukkan komponen-komponen peta · Siswa dapat Mengidentifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan membuat peta wilayah pada bidang datar · Siswa dapat Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang datar |
VII. LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan:
· Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
· Guru bertanya tentang komponen peta.
2. Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Siswa merespon pertanyaan guru. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Guru meminta siswa menunjukkan komponen peta pada atlas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Siswa diskusi tentang penggambaran wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Siswa secara berkelompok menggambarkan wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Siswa presentasi menjelaskan cara menggambar wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Guru menjelaskan tentang penggambaran wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup:
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Secara individu, siswa membuat kliping tentang pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan (berisi tentang rangkuman, tanggapan, dan sumber) (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
VIII. SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN :
- Sumber
· Aryono Prihandito (1989), Kartografi, Yogyakarta Mitra Gama Widya
· Buku Geografi yang relevan
- Alat
· Atlas
· Globe
· Peta
· Denah
· Buku-buku yang relevan
IX. PENILAIAN
· Jenis tagihan : Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
· Bentuk tagihan : Laporan, uraian berstruktur
· Instrumen penilaian
1. Sebutkan komponen-komponen peta!
2. Sebutkan macam proyeksi peta!
3. Sebutkan 3 syarat peta!
4. Jelaskan cara pembuatan peta!
No comments:
Post a Comment