Tanggal 29 Desember 2012 tepat di hari Sabtu
Pukul 11.00 WITA ada Kejadian langka ulang terjadi Ikan Lumba-lumba
Terdampar di pantai Desa Dalapuli Kecamatan Pinogaluman Kabupaten
Bolaang Mongondow Utara. Menurut salah seorang masyarakat Desa Dalapuli, Perna terjadi hal ini seperti ini bahkan ikannya lebih besar dari yang sekarang.
Saturday, December 29, 2012
Friday, December 21, 2012
Pendaftaran Jalur Undangan Masuk PTN Dibuka
JAKARTA--MICOM: Seluruh Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se
Indonesia telah diinstruksikan melakukan sosialisasi ke seluruh sekolah
SMA sederajat tentang penyelenggaraan jalur undangan Seleksi Nasional
Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2013.
Pihak kepala sekolah diminta mengisi data rapor siswa melalui Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) mulai Senin (17/12).
"Ya, kita telah meminta semua Rektor dari 61 PTN untuk menyosialisasikan persiapan SNMPTN jalur undangan mulai dari Papua hingga Nanggro Aceh Darussalam (NAD). Para Rektor ditugaskan menyampaikan ke seluruh kepala sekolah SMA sederajat untuk mengisi data rapor siswa mulai dari kelas satu sampai kelas tiga ke PDSS untuk bahan seleksi masuk SNMPTN 2013.Tentu ini kita tujukan bagi sekolah yang siswanya mau masuk jalur undangan SNMPTN," kata Ketua Pelaksana SNMPTN 2013 Akhmaloka kepada Media Indonesia, Minggu malam (16/12).
Melalui PDSS itu, seluruh data rapor siswa SMA sederajat akan terhimpun yang akan dipergunakan panitia pelaksana SNMPTN menyeleksi masuk jalur undangan.
Sebenarnya, ungkap, Akhmaloka, untuk tahun 2013 ini istilah jalur undangan masuk PTN sekarang disebut SNMPTN saja. Sedangkan jalur tertulis yang masuk PTN melalui ujian tulis sekarang disebut Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menjelaskan mulai Senin ini (17/12) hingga tanggal 8 Februari 2012 para kepala sekolah dipersilakan mulai mengisi data rapor siswa masing masing.
Adapun jadwal pendaftaran jalur undangan atau SNMPTN 2013 dimulai tanggal 1 Februari-8 Maret 2013 dan seleksi digelar pada tanggal 9 Maret hingga 27 Mei 2013.
Seperti ditegaskan sebelumnya bahwa pendaftaran jalur undangan SNMPTN 2013 bersifat gratis tanpa dipungut biaya kepada para calon mahasiswa.
Adapun mekanisme pendaftaran tahap pengisian PDSS akan dimulai dari kepala sekolah dengan mengisi data calon siswa secara daring (online) yang bisa dibuka pada website SNMPTN. Kemudian kepala sekolah memberikan password kepada setiap siswa utuk melakukan verifikasi data yang telah di isi kepala sekolah nya.
"Jadi nanti ada tahapan siswa melakukan verifikasi data rapor yang di isi kepala sekolahnya, apakah benar atau tidak data yang di isi atau ada kesalahan nilai atau seperti apa. Nah setelah siswa melakukan verifikasi dan disetujui kepala sekolah para siswa akan kita berikan nomor PIN melalui kepala sekolahnya untuk pendaftaran masuk SNMPTN 2013," jelas Akhmaloka. (Bay/X-13)
Sumber : Media Indonesia
Pihak kepala sekolah diminta mengisi data rapor siswa melalui Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) mulai Senin (17/12).
"Ya, kita telah meminta semua Rektor dari 61 PTN untuk menyosialisasikan persiapan SNMPTN jalur undangan mulai dari Papua hingga Nanggro Aceh Darussalam (NAD). Para Rektor ditugaskan menyampaikan ke seluruh kepala sekolah SMA sederajat untuk mengisi data rapor siswa mulai dari kelas satu sampai kelas tiga ke PDSS untuk bahan seleksi masuk SNMPTN 2013.Tentu ini kita tujukan bagi sekolah yang siswanya mau masuk jalur undangan SNMPTN," kata Ketua Pelaksana SNMPTN 2013 Akhmaloka kepada Media Indonesia, Minggu malam (16/12).
Melalui PDSS itu, seluruh data rapor siswa SMA sederajat akan terhimpun yang akan dipergunakan panitia pelaksana SNMPTN menyeleksi masuk jalur undangan.
Sebenarnya, ungkap, Akhmaloka, untuk tahun 2013 ini istilah jalur undangan masuk PTN sekarang disebut SNMPTN saja. Sedangkan jalur tertulis yang masuk PTN melalui ujian tulis sekarang disebut Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menjelaskan mulai Senin ini (17/12) hingga tanggal 8 Februari 2012 para kepala sekolah dipersilakan mulai mengisi data rapor siswa masing masing.
Adapun jadwal pendaftaran jalur undangan atau SNMPTN 2013 dimulai tanggal 1 Februari-8 Maret 2013 dan seleksi digelar pada tanggal 9 Maret hingga 27 Mei 2013.
Seperti ditegaskan sebelumnya bahwa pendaftaran jalur undangan SNMPTN 2013 bersifat gratis tanpa dipungut biaya kepada para calon mahasiswa.
Adapun mekanisme pendaftaran tahap pengisian PDSS akan dimulai dari kepala sekolah dengan mengisi data calon siswa secara daring (online) yang bisa dibuka pada website SNMPTN. Kemudian kepala sekolah memberikan password kepada setiap siswa utuk melakukan verifikasi data yang telah di isi kepala sekolah nya.
"Jadi nanti ada tahapan siswa melakukan verifikasi data rapor yang di isi kepala sekolahnya, apakah benar atau tidak data yang di isi atau ada kesalahan nilai atau seperti apa. Nah setelah siswa melakukan verifikasi dan disetujui kepala sekolah para siswa akan kita berikan nomor PIN melalui kepala sekolahnya untuk pendaftaran masuk SNMPTN 2013," jelas Akhmaloka. (Bay/X-13)
Sumber : Media Indonesia
Memusnakan Customer Pendidikan
DALAM SEBUAH seminar tentang
pendidikan beberapa waktu yang lalu di jakarta ada suatu hal yang menarik milik
Hendra jaya, guru besar sekaligus mantan rektor di ITB sala satu penulis
memaparkan bagaimana lembaga pendidikan
memperkuat diri dengan meniru konsep-konsep yang di anut perusahan misalnya
dngan memposisikan penangungjawab lembaga sebagai Chief executive opicer {CEO}, lalu membentuk
partner institions dan daughter
institions yang beroperasi sebagai strategi business unit {SBU}. Hal ini
menandakan bahwa lembaga pendidkan memang sudah waktunya dikelolah seperti
suatu business Entitiy.
Konsep bisnis seperti suatu yang sukses di
dunia selalu bertumpuk pada kualitas yang muaranya adalah kekuasan pelangan
[Custtomer statisfastion}. Mereka menyadari bahwa perusahan hanya akan dapat
betahan hidup bila produk yang mereka buat tidak sekedar laku di pasaran namun
mampu menciptakan brtan kualiti dan pada ahirnya tumbuh bran image . dengan
begtu diharapkan produk yang bersangkutan tetap akan mendapat tempat di hati
masya sepanjang masa maka bidang riset pasar, marketing dan promosi menjas\di
tulang pungung perusahan untuk terus
memonitor grend yang sedang berkebang di masya, dengan tujuan agar perusahaan
bisa mengarahkan produknya sesuai dengan minat dan selera pasar tidak hanya itu
untuklebih memantapkann pilihan kostuner, perusahan sangup memberi jaminan
[garansi] dan pelayan purna jual bila terjadi sesuatu barang yang di beli .
persoalan sekarang adalah mampuhkah lembaga pendidikan melakukan hal tsb atas .
menbgapa tidak? Hanyasaja belum dapat yng berfikir sampai sesuaimitu jauh, atau
mungkin tidak sampai hati harus mencampur adukan antara education dengan business. Barang kali masi
ad dugaan bahwa kalau itu terjadi, maka akanterbuka peluang bagi pngelola untuk
membisniskan pendidikan secara murahan. Artimya pihak pengeloloah berusaha
mencari celsh untuk mendapatkan keuntungan sbesar-besarnya namun dengan memenafikan
kualitas. Inilah yang lalu mmwmbut citra bisnis menjadi negatif {business is
dirtiy eord} padahal; sebenatnya sebuahlembaga bisa maju bila mau menangalkan
sitem manejermen pendidikan yang masi tradisional. Lebih-lebih dalam ksaran
arus transformasi yang begitu deras dan cepat, institusi pendidikan hartus di
kelola atau dikerjakan bik sebuah instutiy bisnis / ibndustri dalam satu bisnis
yang baik harus mampu menghasilkan produk yang terbaik pula tangga trhadap
berbagai perubahan teknologi pasar, harga yang kompetitif dasnjuga keuntungan { propit}. Celakanya ,
selama ini kata propit bagi dunia pendidikan merupakan kata yang kabu. Padahal
popit juga brarti pertumbuhan dan perkembangan sehingga aopa yang terjadi
kemudian adalah bahwa model manejemen yang berangkat dari manajemen dunia bisns
di curigai dan di intergrasikan secara harfia sebagai komersiallisasi
pendidikan. Lebih lebih dikaitkanpermasalahan bisnis dan tujuan mulia pendidikan
maka kemudin muncullah gab dan bahkan malah berbenturab sangat tajam sementara
antara idialisme dan dramatisme. Di atas telah dikatakan suatu bisnis yang
dijalankan dengan baik harus menjalankan suatu kualitas dalam bisnis pada
kususnya , aspek kualitas buisnis dapat di dipilih menjadi dua pertama kua;itas
penerima ,yakni bagimana pihah pemberi jasa berusaha memberi kesn yang baik
hangat dan besahabat dalam membawa smasuk calon customer dalam bentuk jasa yang
di tawarkan kedua kualitas proses pelayann yakni bagaimana penyidik jasa
bener-benar memberikanpelayanan jasayang sebaik-baiknya kepada
kostumert.bagaimana kedua hal tersebut tidak di perthatikan? Ada 2 kemung kinan
pertama kustomer akan pergi setelah tau kenyataannya.
SMA Say No To Narkoba
Perlu kita ketahui bahwa
narkoba itu sangatlah berbahaya bagi kalangan remaja terutama bagi kalangan
pelajar sebaiknya kita sebagai siswa haruslah menjauhi namanya narkoba.apalagi
jenis jenis narkoba yang sangat berbahaya.
Seperti:ganja,ehabon,dextro,tri
x, kokain.
Nah sebaiknya kita sebagai
siswa harus menjauhi narkoba yang bisa merusak tubuh kita seperti syaraf,dan
gangguan kejiwaan yang sering terjadi seperti kengantukan,ketegangan
ketergantungan,dan stres secara berlebihan.
Dan rata rata seluruh siswa
SMA banyak yang mengonsumsi atau sering mencoba namanya narkoba atau jenis
jenis narkoba yang sangat berbahaya.
Dan dapat dilihat dari segi
penelitian atau pengamatan.bahwa narkoba itu dapat merusak organ tubu seperti
jantung,paru paru,dan organ tubuh lainya.109
Tentunya kita sebagai anak
bangsa perluh menjauhi narkoba agar kita dapat meraih cita cita seperti yang
kita inginkan sat ini.
TIPS UNTUK MENJAUHI NARKOBA.
Menjauhi
teman teman yang sering memakai narkoba.
Mengikuti
kegiatan kegiatan keagamaan.
Melaporkan
apabila menemukan barang berbahaya tersebut.
Berolahraga
secara teratur untuk meng hindari bahaya Narkoba
Mengikuti
sosialisasi tentang bahaya narkoba.158
KECANDUAN NARKOBA.sarana tularkan
HIV/AIDS.
Ibu negara republik
INDONESIA A.SUSILO BANBANG YUDOYONO merasa prihatin dengan kondisi INDONESIA
yang tidak hanya telah menjadi daerah pemasaran narkoba secara gelap tetapi
juga menjadi negara produsen.oleh karena itu ibu negara memandang perlu adanya
partisipasi masyarakat untuk menjadi mata dan telinga polisi dalam menjaring
oknum oknum yang ikut menunbusurkan barang haram itu di INDONESIA.
Ungkapan seorang ibu negara
ini di ucapkan saat ibu A.SBY melakukan kunjungan langsung ke rumah sakit Dr.H
Marzoeki Mahadi (RSMM),bogor jwa barat beberapa waktu lalu yang merupakan
rangkayan dari peringatan hari ibu ke 77 kunjungan ibu negara yang di dampingi
mentri kesehatan,mentri negara,pemberdayaan peremouan dan ketua umum kowani ini
boleh jadi merupakan kunjungan spektakuler.Karena sjak berdirinya RSMM 123
Tahun yang lalu,pertama kalinya mendapat kunjungan ibu negara.
Rumah sakit yang dulu lebih
dikenal dengan sebutan rumah sakit jiwa cilendek,bogor ini sejak 1 january 2001
telah menyediakan instalasi pemulihan ketergantungan napza(narkotika,diskotropika,zat
zat aditif).
Sejak mulai berdirinya
hingga ahir desember 2005 RSMM telah
merawat 434 residen (istla untuk para pecandu yang dirawat.325
Penyalagunaan narkoba dan
segala dampaknya merugikan diri sendiri dan beban fisikologis bagi masyarakat
sekitarnya.Kecanduan narkoba juga merupakan sarana menularnya HIV/AIDS.oleh
karena itu saya menyambut gembira melihat upaya rumah sakit jiwa yang tertua di
indonesia membangun unit in talasi pemulihan ketergantungan napza.
Keberadaan unit intalasi
pemulihan ketergantungan napza dilingkungan rumah sakit jiwa ungkapan ibu ani
Sby merupakan sarana yg tepat karena pecandu narkoba adalah orang orang yang
jiwanya yang rapuh,lebih dan kurangnya tegar dalam menghadapi tantangan hidup
yang berat sehingga mudah terbujuk untuk menggunakan narkoba.
Mereka yang menjadi pengguna
bukanlah pengedar yang sehat.tetapi perlu dilihat sebagai korban,sebagai orang
sakit yang perlu di tolong dan tidak segera di cap sebagai pelaku kriminal.sebagian
dari mereka mungkin pernah menjadi pengedar karena keterpaksaan,yang dalam
kesakitanya terjerat oleh bandar bandar narkoba untuk melakukan perbuatan
itu.mereka harus segera ditolong sehingga dapat kembali menjadi warga
masyarakat yang normal,tat aturan dan tidak lagi ikut mengedarkan narkoba atau
menularkan HIV/AIDS.paparanya.
Oleh karena itu ibu ani Sby
juga cukup geram dengan tumbuh suburnya pabrik estasi dan ladang ganja di
indonesia salah satu pabrik stasi dan ladang ganja yang lama belum lama ini di
gerebek aparat ke polisian adalah di desa jasinga.
Sumber
: Majalah keluarga mandiri.
Remaja Pengguna Narkoba Karena Keingintahuan Dan Ajakan Teman
Pengatahuan remaja tentangn bahaya narkoba dan seks bebas yang di dapat
melalui forum – forum resmi seperti seminar , sekolah maupun pengajaran orang
tua , terkadang tadak seimbang dengan apa yang di inginkan remaja itu sendiri .
Berasal dari rasa keingintahuan pula yang membuat remaja lupa akan tujuan asal
. Remaja pengguna narkoba karena keingin tahuan dan ajakan teman –teman .
Itilah one way tiket mungkin biasa menjadi
teguran keras bagi remaja yangh belum pernah mencicipi narkoba atau obat-obatan
sejenis lainnya. Karena,sekali mencicipi barang terlarang itu edikit
saja,seumur hidup sulit kedunianya yang bersih,sehat dan bebas folusi. Bahaya
narkoba dan obat-obatan terlarang,jelas telah merusak sendi-sendi kehidupan
bangsa.
Remaja
adalah masa peralihan dari anak ke dewasa yang menurut standatr WHO berusia 14-18 tahun atau sampai usia
sebelim menikah. Dimasa adolesen ini tentu saja emosi remaja cenderung labil,inggin
menunjukan jagoan dan mulai tertarik dengan lawan jenisnua. Masalah pencarian
identitas diri yang di alami remaja Inilah,ungkapan nurul, bila marahnya
narkoba saat ini diibaratkan, lebih gampang mencari narkoba ketimbang kacang
rebus.
Mengapa
marak..??? karena lapangan kerja sulit,hukuman bagi pengedar ringan hingga
tidak membuat mereka jerah. Papar nurul saat berbicara di depan remaja SMU
sejakarta dalam acara sosialisasi program
OSIS SMU/SMK,organisasi masyarakat dan [pengendalian program lapangan keluarga
berencana(PPLKB) pada tnggal 21 april 2004 lalu bertepan peringatan hari
kartini digedung granadi,Jakarta.
Diakui
DRA ROHANA MANGGALA MSI,wakil ketua badan narkotika provinsi Dki
Jakarta,wilayah penyebaran penyala gunaan dan penyebaran gelap narkoba telah
menambah keberbagai tempat.Sehingga,tidak ada 1 pun provinsi,kabupaten,kota
bahkan kecamatan yang bebas dari masalah narkoba. Pangsa pasar gelap narkobapun
tidak hanya di level SMU ataupun perguruan tinggi,tetapi jga telah masuk ke
sekolah-sekolah dasar,bahkan pesa ntren.
Sementara
itu,populasi penyalagunaan dan narkoba untuk tahun 2000 dari 1044 SLTP,
sebanyak 152 sekolah terdapat kasus narkobna, dari 1027 SLTA sebanyak 166
sekolah telah tersusupi penyalagunaan narkoba. Jumlah siswa SLTP yang menjadi
korban sebanyak 884 orang siswa
dari 399.093 siswa,untuk korban SLTA sebanyak 1015 siswa dari 431.480
siswa.Sedangkan dari hasil penelitian
departemen kesehatan pada tahun 2002 yang menggunakan sampel secara acak dari 4
SLTP dan 3 SLTA menunjukan bahwa 4,125% siswa atau 1 dari 25 siswa pada sekolah
yang menjadi sampel itu adalah pemakai narkoba .
Penyalagunaan
narkoba yang melibatkan SD berdasar
hasil infestigasi yang dilakukan Nurul di beberapa rumah saki jiwa terdapat
banyak alas an menggapa anak usia 8-11 tahun kecanduan narkoba.Rumah sakit jiwa
bogor misalnya ,ada anak SD sudah menjadi pecandu karena mengikuti jejak ibunya dirumah yang selalu
memakai sabu-sabu.Tidak hanya itu, RSJ Surabaya,banyak pecandu narkoba usia SD kls 4-6 karena suka
membeli permen yang ditawarkan pedangan di luar sekolah.
Seks bebas
Selain
daya tarik narkobayang begitu membius
perhatian remaja,ketertaikan dengan lawan jenisnya juga mengugah rasa ingin
tahu dari apa yang dia lakukan. Awalnya untuk mencari teman curhat,kurang
oerhatian orang tua dan pengaruh lingkungan hingga melakukan seks bebas sebagai
pelarian remaja, ungkap Nurul menyimpulkan jawaban dari SMA yang saat melempar
pertanyaan mengapa remaja tertarik melakukan perilaku seks bebas.
Selain inggin tahu remaja melakukan
seks bebas,dampak informasi yang di tanyakan melalui media elektronik maupun
media cetak yang didapat begitu mudah,sifat konsumarisma remaja pun berperan
dalam melakukan pemilihan.
Sumber : MAJALAH KELUARGA MANDIRI
Menyelisik Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia
Setidaknya, ada
enam pendapat tentang masuknya Islam ke Indonesia.
Pertama, Islam yang masuk dan berkembang di Indonesia
berasal dari Jazirah Arab atau bahkan dari Makkah pada abad ke-7 M, pada abad
pertama Hijriah. Pendapat ini adalah pendapat Hamka, salah seorang tokoh yang
pernah dimiliki Muhammadiyah dan mantan ketua MUI periode 1977-1981. Hamka yang sebenarnya bernama Haji Abdul
Malik bin Abdil Karim mendasarkan pendapatnya ini pada fakta bahwa mazhab yang
berkembang di Indonesia adalah mazhab Syafi’i.
Menurutnya, mazhab Syafi’i berkembang
sekaligus dianut oleh penduduk di sekitar Makkah. Selain itu, yang tidak boleh
diabaikan adalah fakta menarik lainnya bahwa orang-orang Arab sudah berlayar
mencapai Cina pada abad ke-7 M dalam rangka berdagang. Hamka percaya, dalam
perjalanan inilah, mereka singgah di kepulauan Nusantara saat itu.
Kedua, Islam dibawa dan disebarkan di Indonesia oleh
orang-orang Cina. Mereka bermazhab Hanafi. Pendapat ini disimpulkan oleh salah
seorang pegawai Belanda pada masa pemerintahan kolonial Belanda dulu.
Sebelum Indonesia merdeka, orang-orang
Belanda pernah menguasai hampir seluas Indonesia sekarang sebelum ditaklukkan
oleh tentara Jepang pada 1942. Tepatnya pada 1928, Poortman memulai
penelitiannya terhadap naskah Babad
Tanah Jawi dan Serat Kanda.
Tidak berhenti di
situ, ia melanjutkan penelitiannya terhadap naskah-naskah kuno Cina yang
tersimpan di klenteng-klenteng Cina di Cirebon dan Semarang. Ia pun sempat
mencari naskah-naskah kuno di sebuah klenteng di Batavia, Jakarta dulu.
Hasil
penelitiannya itu disimpan dengan keterangan Uitsluiten voor Dienstgebruik ten
Kantore,
yang berarti “Sangat Rahasia Hanya Boleh Digunakan di Kantor”. Sekarang
disimpan di Gedung Arsip Negara Belanda di Den Haap, Belanda. Pada 1962, terbit
buku Pongkinangolngolan
Sinambela Gelar Tuanku Rao yang ditulis Mangaradja Onggang Parlindungan.
Dalam buku ini dilampirkan juga naskah-naskah kuno Cina yang pernah diteliti
oleh Poortman.
Ketiga, Islam yang masuk ke Indonesia berasal dari
Gujarat pada abad ke-12 M. Islam dibawa dan disebarkan oleh pedagang-pedagang
Gujarat yang singgah di kepulauan Nusantara. Mereka menempuh jalur perdagangan
yang sudah terbentuk antara India dan Nusantara.
Pendapat
ketiga ini adalah pemdapat Snouck Hurgronje, seorang penasehat di bidang
bahasa-bahasa Timur dan hukum Islam untuk pemerintah kolonial Belanda. Ia
mengambil pendapat ini dari Pijnapel, seorang pakar dari Universitas Leiden,
Belanda, yang sering meneliti artefak-artefak peninggalan Islam di Indonesia.
Pendapat
Pijnapel ini juga dibenarkan oleh J.P. Moquette yang pernah meneliti bentuk
nisan kuburan-kuburan raja-raja Pasai, kuburan Sultan Malik Ash-Shalih. Nisan
kuburan Maulana Malik Ibrahim di Gresik, Jawa Timur, juga ditelitinya. Dan
ternyata sangat mirip dengan bentuk nisan-nisan kuburan yang ada di Cambay,
Gujarat.
Rupanya,
pendapat Moquette yang memperkuat pendapat Pijnapel dan Hurgronje disanggah
oleh S.Q. Fatimi. Pendapat Fatimi adalah nisan-nisan kuburan yang ada di Aceh
dan Gresik justru lebih mirip dengan bentuk nisan-nisan kuburan yang ada di
Benggala, sekitar Bangladesh sekarang.
Lebih
jauh lagi, Fatimi percaya, pengaruh-pengaruh Islam di Benggala itu banyak
ditemui dalam Islam yang berkembang di Nusantara dulu. Oleh karena itu, Islam
yang ada di Indonesia ini sebenarnya berasal dari Bangladesh. Pendapat ini
adalah pendapat keempat.
Pendapat
Moquette juga disanggah oleh G.E. Marrison. Marrison malah yakin, bahwa Islam
yang datang ke Indonesia berasal dari Pantai Coromandel, India Selatan.
Alasannya, pada abad ke-13 M, Gujarat masih menjadi sebuah kerajaan Himdu,
sedang di Pantai Coromandel Islam telah berkembang. Marrison juga berpendapat,
para pembawa dan penyebar Islam yang pertama ke Indonesia adalah para Sufi India.
Mereka menyebarkan Islam di Indonesia dengan pendekatan tasawwuf pada akhir
abad ke-13 M. Waktu itu, masih terhitung belum lama dari peristiwa penyerbuan
Baghdad oleh orang-orang Mongol.
Penyerbuan
yang dimaksud memaksa banyak Sufi keluar dari zawiyah-zawiyah mereka dan
melakukan pengembaraan ke luar wilayah Bani Abbasiyah, seperti ke ujung Persia
atau bahkan ke India.
Sebelum Marrison
mengemukakan pendapatnya, T.W. Arnold telah meyakini bahwa Islam di Indonesia
juga dibawa atau berasal dari Pantai Coromandel dan Malabar, India. Karena itu,
banyak yang beranggapan bahwa Marrison memperkuat pendapat Arnold itu.
Setelah
kelima pendapat itu, Hoesein Djajaningrat mengemukakan pendapat keenam tentang
masuknya Islam di Indonesia. Djajaningrat dikenal sebagai orang Indonesia
pertama yang mempertahankan disertasi di Universitas Leiden, Belanda, pada
1913. Disertasinya itu berjudulCritische Beschouwing van de Sadjarah Banten (Pandangan Kritis mengenai Sejarah Banten).
Menurutnya,
Islam yang masuk ke Indonesia berasal dari Persia. Djajaningrat beralasan,
peringatan 10 Muharram atau hari Asyura sebagai hari kematian Husein bin Ali
bin Abi Thalib yang ada di Indonesia berasal dari perayaan kaum Syiah di
Persia. Peringatan 10 Muharram itu lebih dikenal sebagai perayaan Hari Karbala.
Djajaningrat
juga yakin dengan pendapat ini, karena keberadaan pengaruh bahasa Persia di
beberapa tempat di Indonesia. Selain itu, keberadaan Syeikh Siti Jenar dan
Hamzah Fansuri dalam sejarah Indonesia menandakan adanya pengaruh ajaran wihdatul
wujud Al-Hallaj, seorang Sufi ekstrim yang berasal dari Persia.
Dapat
terlihat bahwa perbedaan pendapat itu terjadi karena dasar-dasar berpikir yang
dipakai dalam membangun pendapat. Pijnapel, Hurgronje, Marrison, Moquette,
Fatimi lebih mempercayai bukti-bukti kongret yang masih bisa diyakini secara
pasti, bukan perkiraan.
Karena
itu, pendapat-pendapat mereka lebih logis, meskipun bisa menuntut mereka untuk
percaya bahwa Islam pertama kali berkembang di Indonesia pada sekitar abad
ke-13 M, lebih belakangan ketimbang agama Hindu dan Buddha.
Berbeda
dari pendapat Residen Poortman. Meski berdasarkan catatan-catatan Cina yang
tersimpan bertahun-tahun, masih ada kemungkinan salah tafsir atas
pernyataan-pernyataan tertulis yang ada di di dalamnya. Dan juga: masih besar
kemungkinan adanya manipulasi data tanpa sepengetahuan para pembaca.
Pendapat
Hamka bahkan lebih mudah lagi untuk terjerumus ke dalam bentuk syak yang belum
tentu bisa dibuktikan kebenarannya. Pendapatnya berdasarkan perkiraan-perkiraan
pribadi. Pendapatnya tidak ditunjang oleh data sejarah yang kongkret. Sangat
kecil kemungkinan pendapatnya untuk benar.
Demikian pula,
kiranya, dengan pendapat Djajaningrat. Bisa jadi persamaan-persamaan yang
dikemukakan dalam pendapatnya itu hanya kebetulan-kebetulan yang mirip pada
objek.
Akan tetapi,
hampir setiap pendapat itu memiliki konsekuensi. Jika seseorang memercayainya
suatu pendapat dari pendapat-pendapat itu, maka, bagaimana pun, ia mesti
menerima konsekuensi-konsekuensi yang ada.
Seperti jika percaya
pendapat bahwa Islam dibawa masuk dari Persia, sedikit banyaknya, akan membuat
kita berpikir, para penyebar Islam pertama kali di Nusantara adalah orang-orang
Syiah.
Dan karena itu,
Syiah adalah bentuk akidah pertama yang diterima di Indonesia. Baru setelah itu
Islam Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang berkembang.
Apabila kita
memercayai Islam yang masuk di Indonesia berasal dari Jazirah Arab pada abad
ke-7 M, berarti orang-orang di Nusantara telah mengenal dakwah Islam sejak masa
para sahabat masih hidup.
Artinya, ketika
para tabi’in ramai-ramai menuntut ilmu agama pada para sahabat Nabi, segelintir
orang di Nusantara juga telah mengenal Islam yang sama pada waktu itu. Hanya
jarak yang memisahkan mereka.
Demikian pula,
jika kita menerima pendapat bahwa Islam berasal dari Pantai Coromandel, India
Selatan. Jika pendapat ini yang kita terima, maka bisa dipastikan para pemeluk
pemula Islam di Indonesia adalah orang-orang yang berakidah dengan akidah Sufi
atau setidaknya mengenal Islam lewat kacamata tasawwuf.
Sumber: Majalah
Konsultasi Kita edisi Perdana, hal. 54-56, judul asli:
Tentang Masuknya Islam ke Indonesia.
Subscribe to:
Posts (Atom)