Thursday, August 16, 2012

Pengertian Permintaan dan Penawaran


 PENGERTIAN PERMINTAAN DAN PENAWARAN
Permintaan adalah jumlah barang dan jasa yang diinginkan dan disertai kemampuan konsumen untuk membeli pada tingkat harga dan waktu tertentu.
Penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual
 2.   FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAN PENAWARAN
Faktor yang mempengaruhi permintaan
a.       Harga
Harga barang akan mempengaruhi seseorang dalam membeli suatu barang. Jika harga barang  mengalami kenaikan orang akan mengurangi jumlah barang yang diminta. Begitu juga sebaliknya, orang akan menambah jumlah barang yang diminta jika harga turun.
b.      Pendapatan
Pendapatan seseorang dapat mempengaruhi permintaan terhadap suatu barang. Jika pendapatan seseorang meningkat, jumlah barang yang diminta orang tersebut juga bertambah dan begitu juga sebaliknya. Namun bagi orang yang berpendapatan tinggi , naik turunnya harga suatu barang tidak begitu menjadi masalah karena berapapun harga barang, mereka tetap mampu membeli. Sebaliknya bagi orang yang berpendapatan rendah, naik turunnya harga menjadi pertimbangan besar dalam membeli suatu barang.
c.       Harga barang lain
Jika harga barang lain mengalami penurunan, orang akan lebih banyak membeli barang yang mengalami penurunan tersebut dibandingkan dengan barang yang sebenarnyaingin dibeli.
d.      Selera
Selera merupakan faktor yang dapat mempengaruhi permintaan konsumen terhadap suatu barang. Berapa pun harga suatu barang diturunkan jika konsumen tidak memiliki selera untuk menggunakan barang tersebut, tidak terjadi permintaan terhadap barang tersebut.begitu juga sebaliknya.
e.      Ekspektasi akan terjadinya perubahan harga
Perkiraan terhadap situasi masa yang akan datang juga dapat mempengaruhi permintaan suatu barang. Misalnya jika diperkirakan telepon genggam akan turun karena adanya promosi besar-besaran dari berbagai merek, orang akan menunda membeli telepon genggam tersebut.
Faktor yang mempengaruhi penawaran
a.    Harga barang itu sendiri
Harga barang jadi akan mempengaruhi seorang produsen atau pedagang dalam menjual produknya. Jika harga suatu barang mengalami kenaikan, produsen akan menambah barang yang ditawarkan. Begitu juga sebaliknya, produsen atau pedagang akan mengurangi barang yang ditawarkan jika harga turun.
b.    Kemajuan teknologi
Kemajuan teknologi dapat mengubah input yang diperlukan dalam proses produksi. Peningkatan teknologi selalu mengandung arti bahwa input yang dibutuhkan lebih sedikit. Atau biaya yang diperlukan berkurang. Jika biaya produksi lebih rendah, produsen akan terdorong untuk meningkatkan produksinya. Laba yang akan diperoleh pun meningkat. Oleh karena itu, peningkatan teknologi produksi akan mendorong kurva penawaran kekanan.
c.     Biaya produksi
Biaya produksi menentukan harga pokok barang dan jasa yang diproduksi. Jika biaya produksi berubah, misalnya dengan meningkatnya upah pekerja, akan menyebabkan biaya produksi meningkat. Jika peningkatan biaya sangat tinggi, produsen cenderung akan mengurangi produksinya sehingga dapat menurukan penawaran. Sebaliknya jika suatu saat biaya produksi  menurun, , produsen dapat memproduksi barang dan jasa.
d.    Persediaan sarana produksi
Masalah ekonomi timbul karena tidak seimbangnya sumber daya dengan kebutuhan. Demikian juga dengan produksi. Produksi akan terganggu jika persediaan sarana produksi berkurang. Misalnya penawaran beras pada daerah tertentu cenderung menurun karena banyak lahan pertanian yang berubah fungsi menjadi daerah industri.
e.    Bertambahnya jumlah produsen
Jika penjualan suatu barang mendatangkan keuntungan, hal itu akan mendorong pemodal-pemodal baru memasuki usaha tersebut. Contohnya jika berjualan nasi bungkus dipinggir jalan atau warung tenda dianggap menguntungkan, banyak pihak yang tertarik untuk melakukan hal serupa.
f.     Peristiwa alam
Alam bagi kehidupan manusia tidak selalu memberikan keuntungan, tetapi bisa juga mendatangkan kerugian. Jika terjadi bencana alam seperti banjir atau musim kemarau yang berkepanjangan hasil panen padi berkurang drastis.
g.    Ekspektasi atau harapan produsen
Produsen juga mempunyai harapan akan situasi masa depan. Jika produsen memperkirakan bahwa situasi perekonomian tahun mendatang akan membaik. Pada saat ini mereka memproduksi lebih banyak barang dan jasa untuk dijual.

Pengertian harga dan jumlah keseimbangan


Harga yang terbentuk di pasar merupakan harga keseimbangan. Harga keseimbangan adalah harga yang terbentuk pada tingkat jumlah yang diinginkan penjual sama dengan jumlah yang diinginkan pembeli. Dengan kata lain, equilibrium, yaitu titik pertemuan antara kurva permintaan dan penawaran.
Kelebihan penawaran akan mengakibatkan harga turun menuju equilibrium, demikian juga dengan kekurangan penawaran akan memaksa harga naik menuju equilibrium.
Jika menggunakan fungsi permintaan dan penawaran, harga keseimbangan akan terjadi kalau Qd = Qs.
Contoh
Suatu permintaan barang dirumuskan dengan Qd = 8 – 2P. Adapun penawarannya dirumuskan dengan Qs = 2 + 2P. Hitunglah jumlah dan harga keseimbangannya. Dan gambarkan kurvanya!
Penyelesaian:
Qd = Qs
8 – 2P = 2 + 2P                                Qs = 2 + 2P
8 – 2   = 2P + 2P                              Qs = 2 + 2 (1,5)
       6  = 4P                                       Qs = 2 + 3         
       P  = 1,5                                      Qs = 5
Jika digambarkan dalam jumlah bentuk akan tampak seperti berikut:


Elastisitas
Elastisitas permintaan adalah kepekaan perubahan jumlah permintaan karena adanya perubahan harga.
   Rumus elastisitas permintaan

      


Keterangan
          Ed   = elastisitas permintaan
          ∆Q  = perubahan jumlah permintaan        
          ∆P   = perubahan harga
            P   = harga awal
            Q  = jumlah permintaan awal

Macam-macam elastisitas         
1.       Permintaan elastis ( Ed > 1 ) yaitu situasi yang terjadi apabila nilai koefisien elastisitas permintaan lebih besar dari 1.
2.       Permintaan inelastis ( Ed < 1 ) yaitu situasi yang terjadi apabila nilai koefisien elastisitas permintaan kurang dari 1
3.       Permintaan elastis uniter ( Ed = 1 ) situasi yang terjadi apabila nilai koefisien elastisitas permintaan sama dengan 1
4.       Permintaan elastis sempurna ( Ed =  ̴ ) situasi yang terjadi apabila nilai koefisien elastisitas permintaan sama dengan tidak terhingga
5.       Permintaan inelastis sempurna ( Ed = 0 ) situasi yang terjadi apabila nilai koefisien pemintaan sama dengan nol.

Elastisitas penawaran
Elastisitas penawaran adalah besarnya perubahan jumlah penawaran suatu barang atau jasa sebagai akibat dri perubahan harga.

Rumus elastisitas penawaran



Keterangan
          Es   = elastisitas penawaran
          ∆Q  = perubahan jumlah   penawaran      
          ∆P   = perubahan harga
            P   = harga awal
            Q  = jumlah penawaran awal

Macam-macam elastisitas         
1.       penawaran elastis ( Ed > 1 ) yaitu situasi yang terjadi apabila nilai koefisien elastisitas penawaran lebih besar dari 1.
2.       penawaran inelastis ( Ed < 1 ) yaitu situasi yang terjadi apabila nilai koefisien elastisitas penawaran kurang dari 1
3.       penawaran elastis uniter ( Ed = 1 ) situasi yang terjadi apabila nilai koefisien elastisitas penawaran sama dengan 1
4.       penawaran elastis sempurna ( Ed =  ̴ ) situasi yang terjadi apabila nilai koefisien elastisitas penawaran sama dengan tidak terhingga
5.       penawaran inelastis sempurna ( Ed = 0 ) situasi yang terjadi apabila nilai koefisien penawaran sama dengan nol.

PASAR INPUT


PASAR INPUT
1.    Pasar uang
Fungsi pasar uang adalah sebagai sarana alternatif khususnya bagi lembaga-lembaga keungan, perusahaan-perusahaan nonkeuangan dan peserta lainnya untuk memenuhi kebutuhan dana jangka pendeknya ataupun untuk menempatkan dana atas kelebihan keungannya.
Sumber dana pasar uang
a.       Dana yang berasal dari masyarakat umum
b.      Kelebihan uang kas BUMN
c.       Dana dari bank-bank pemerintah swasta
d.      Dana dari perusahaan-perusahaan
e.      Dana dari lembaga keuangan bukan bank
Di indonesia dana dan surat berharga yang diperdagangkan di pasar uang antara lain sebagai berikut
a.       Sertifikat bank indonesia
b.      Surat berharga pasar uang
c.       Sertifikat deposito
d.      Caal money
e.      Kertas-kertas perbendaharaan negara
f.        Repurchase agreement
g.       Bankers acceptance
h.      Promes
i.         Obligasi pemerintah
Risiko investasi dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis antara lain sebagai berikut:
a.       Risiko pasar
b.      Risiko gagal bayar
c.       Risiko inflasi
d.      Risisko valuta
2.    Pasar modal
Pasar modal merupakan tempat dan dan investasi jangka panjang diperdagangkan, seperti obligasi saham atau sekuritas jangka panjang lainnya.
Dalam rangka mengurangi resiko dalam menanamkan uangnya dipasar modal, investor perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a.       Surat berharga yang dibeli harus tercantum pada daftar resmi yang dikeluarkanoleh bursa efek indonesia
b.      Makelar atau komisioner yang ditunjuk harus menjadi anggota bursa efek indonesia
Beberapa faktor dengan adanya pasar modal antara lain sebagai berikut:
a.       Menyediakan sumber pembayaran jangka panjang bagi dunia usaha sekaligus memungkinkan aloksi sumber dana secara optimal
b.      Menyebarkan kepemilikan perusahaan sampai lapisan masyarakat menengah
c.       Memberikan kesempatan memiliki perusahaan yang sehat
d.      Membina iklim keterbukaan bagi dunia usaha serta memberikan kontrol sosial
e.      Mengelolah perusahaan secara terbuka dan mendorong pemanfaatan manajemen profesional
3.    Pasar tenaga kerja
Pelaku-pelaku  di pasar tenaga kerja antara lain sebagai berikut:
a.       Pengusaha yang mencari tenaga kerja
b.      Pencari kerja
c.       Perantara yang memberikan kemudahan bagi pengusaha dan pencari kerja untuk saling berhubungan.
Beberapa kebaikan dengan adanya pasar tenaga kerja antara lain sebagai berikut:
a.       Memperoleh informasi tentang lowongan pekerjaan, baik didalam negeri maupun diluar negeri
b.      Membantu untuk mengisi posisi pekerjaan dengan tenaga kerja yang dipersyaratkan
c.       Membantu mengurangi pengangguran
d.      Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
Beberapa keburukan pasar tenaga kerja antara lain sebagai berikut:
a.       Munculnya kegiatan pencaloan tenaga kerja dan penyalur tenaga kerja ilegal sehingga menimbulkan kasus yang merugikan calon tenaga kerja.
b.      Munculnya tindakan kekerasan, penipuan, dan pelecehan terhadap calon tenaga kerja

Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran


Hukum permintaan
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi jumlah permintaan, diantaranya harga barang dan jasa itu sendiri, harga barang dan jasa lain, pendapatan, selera, serta jumlah penduduk. Namun kita akan sulit memahami pengaruh semua variabel tersebut dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu,  untuk memudahkan analisis, biasanya faktor-faktor tersebut dianalisis secara terpisah. Jadi, jika kita ingin menganalisis pengaruh perubahan harga terhadap permintaan maka faktor-faktor yang juga mempengaruhi permintaan kita anggap tidak berubah atau konstan. Dalam ilmu ekonomi, anggapan bahwa hal-hal lainnya, konstan dinamakan ceteris paribus. Jika kita telah memisahkan pengaruh faktor-faktor lainnya sepeti ini, barulah kita dapat menganalisis pengaruh yang ditimbulkan oleh harga secara jelas.
Contohnya sebagai berikut:
Harga tiket pesawat terbang yang turun untuk semua jalur di indonesia menyebabkan jumlah tiket pesawat terbangyang diminta meningkat. Seseorang yang akan naik kereta api atau kapal laut karena pertimbangan waktu dan harga tiket pesawat yang tidak mahal memutuskan untuk naik pesawat.
Dari contoh tersebut, kita dapat mengetahui bahwa harga mempengaruhi jumlah barang yang diminta. Makin tinggi harga, makin rendah jumlah barang yang diminta. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa ada hubungan terbalik antara tingkat harga dan jumlah barang dan jasa yang diminta. Kejadian tersebut pada intinya merupakan isi hukum permintaan. Lebih jelasnya hukum permintaan berbunyi sebagai berikut. “Apabila harga suatu barang dan jasa meningkat, jumlah barang yang diminta akan menurun. Sebaliknya, apabila harga suatu barang dan jasa menurun, jumlah barang yang diminta meningkat”.

Hukum penawaran
Selain faktor harga, penawaran juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain. Misalnya, harga bahan baku, tingkat teknologi, jumlah produsen di pasar, serta harapan atau perkiraan. Namun, seperti halnya dalam permintaan, kita tidak dapat memahami pengaruh semua variabel tersebut dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, untuk memudahkan analisis, biasanya faktor-faktor tersebut dianalisis secara terpisah. Diantara semua faktor tersebut, harga memiliki pengaruh yang penting dan menjadi acuan dalam melakukan analisis penawaran.
Sebagai contoh, penjualan daging ayam. Pada tingkat harga Rp. 11.000/kg, penjual daging ayam hanya bersedia menjual ayam sebanyak 25 kg. Selanjutnya jika harga naik menjadi Rp. 13.000/ kg. Penjual tersebut bersedia menambah penawarannya menjadi 40 kg. Begitu seterusnya sampai harga mencapai Rp. 14.000/kg. Penjual daging ayam makin berani menawarkan jumlah yang makin tinggi, yaitu 60 kg. Makin tinggi harga. Makin tinggi pula jumlah daging ayam yang ditawarkan. Hal  ini disebabkan keuntungan yang akan diperoleh makin tinggi.
Sekarang katakanlah harga daging ayam tiba-tiba turun dari Rp. 12.000/ kg menjadi Rp. 10.000/ kg. Pada tingkat harga yang rendah itu, penjual  hanya bersedia menjualnya sebanyak 30 kg. Ia berpikir lebih baik ayam yang masih hidup tidak dipotong dulu dan disimpan di kandang untuk dijual nanti ketika harga meningkat lagi.
Dari contoh tersebut kita dapat mengetahui bahwa harga sangat mempengaruhi barang yang ditawarkan. Makin tinggi harga, makin tinggi pula kuantitas barang dan jasa yang ditawarkan. Sebaliknya makin rendahharga suatu barang dan jasa, makin rendah pula jumlah barang dan jasa tersebut yang ditawarkan. Kejadian tersebut  pada intinya merupakan isi hukumpenawaran. Hukum penawaran berbunyi sebagai berikut. “ apabila harga suatu barang dan jasa meningkat, jumlah barang yang ditawarkan juga akan meningkat. Sebaliknya apabila harga suatu barang dan jasa menurun, jumlah barang yang ditawarkan juga akan semakin menurun.”

Monday, August 13, 2012

Cara Membuat Judul atau nama domain Website Berjalan


Pada artikel sebelumnya jasablogweb perna membuat artikel tentang teks berjalan pada blog atau website sekolah, namun kali ini jasablogweb akan berbagi untuk teman-teman admin pegelolah website sekolah CMS Balitbang Kemdikbud yaitu bagaimana cara untuk membuat judul atau nama domainya websitenya berjalan pada browser. Langkah-langkah sebagai berikut :
1.       Login pada control panel website sobat
2.       Lalu akan muncul tampilan control panel website sobat dan klik File Manager.
3.       Kemudian akan muncul tampilan File Manager lalu klik Public html (yang ada di sebelah kiri untuk webhosting rumahweb.com)
4.       Pada Folder public html cari Folder temp kemudian klik pada Folder template yang sobat gunakan dan cari indeks.tpl
5.       Pada file indeks.tpl buka file tersebut dengan memastikan bahwa krusor aktif pada file indeks.tpl kemudian klik menu edit yang ada pada bagian atas.
6.       Setelah itu akan muncul kode html pada indeks.tpl
7.       Letakan kode html di bawah ini tepat di atas kode </head>
</script>
<script language="JavaScript" type="text/javascript">
var rev = "fwd";
function titlebar(val)
{
      var msg  = "Selamat datang di Website Jasablogweb | www.jasablogweb.com";
      var res = " ";
      var speed = 100;
      var pos = val;

      msg = " | "+msg+" | ";
      var le = msg.length;
      if(rev == "fwd"){
            if(pos < le){
            pos = pos+1;
            scroll = msg.substr(0,pos);
            document.title = scroll;
            timer = window.setTimeout("titlebar("+pos+")",speed);
            }
            else{
            rev = "bwd";
            timer = window.setTimeout("titlebar("+pos+")",speed);
            }
      }
      else{
            if(pos > 0){
            pos = pos-1;
            var ale = le-pos;
            scrol = msg.substr(ale,le);
            document.title = scrol;
            timer = window.setTimeout("titlebar("+pos+")",speed);
            }
            else{
            rev = "fwd";
            timer = window.setTimeout("titlebar("+pos+")",speed);
            }    
      }
}

titlebar(0);
</script>
<!-- end-->
8.       Klik Simpan/save
9.       Selesai.

Download 7 Template Websekolah CMS Balitbang Kemdikbud Versi 3.5


Template standar pada CMS Balitbang Kemdikbud hanya 3 template yaitu : art-alan, art-biru dan art hijau dengan adanya template standar ini saya berpikir apakah template ini tidak bisa di ubah? Saya mulai tanya sama om’ google dan mba google www.google.com  dan pada akhirnya saya ketemu tetapi bukan template, hanya memberikan tips dan trik untuk mengubah template CMS Balitbang Kemdikbud. Dengan kondisi ini kemudian saya pelajari dan pada akhirnya jadi juga walaupun masi sangat sederhana.
Perkembangan teknologi semakin pesat dan sekolah-sekolah mulai berinteraksi dengan dunia maya dan berusaha membuat website sekolah, maka TIM Balitbang Kemdikbud membuat palatihan-pelatihan di berbagai daerah untuk memanfaatkan CMS Balitbang Kemdikbud untuk membuat website sekolah, memang, CMS Balitbang Kemdikbud sangat tepat digunakan untuk membuat website sekolah, knapa saya mengatakan demikian? Karena CMS Balitbang memiliki fitur yang lengkap sangat berhubungan dengan kebutuhan sekolah.
Catatan :
Untuk 7 Template yang ada di bawa ini: Lakukan perubahan kecil pada Template CMS Balitbang untuk mendapatkan berubahan yang lebih besar, untuk  tutorial melakukan perubahan kecil pada template CMS Balitbang Kemdikbud nanti akan kita bahas pada artikel berikutnya.
1.       Logo Burung Garuda
        Download
2.       Hijau Bintang
       Download
3.       Hijau Coklat Menu Atas
        Download
4.       Hijau Logo Depag
        Download
5.       Kuning Safari
       Download
6.       Merah abu-abu
        Download
7.       Ungu Logo Tutwuri

Wednesday, August 1, 2012

Download Aplikasi LIDI (Lembar Informasi Data Individual) SMA - Berbasis Ms. Excel


Pada artikel ini sengaja di buat untuk memenuhi permintaan Data LIDI SMA oleh Dinas Prov. Sulawesi Utara Bidang DIKMENTI, Batas pemasukan pada hari Kamis tanggal 2 Agustus 2012. Berangkat dari kebutuhan data LIDI ini sekolah harus mengisi datanya dan dimasukan pada tanggal yang sudah ditentukan tadi. Pada tanggal 30 Juli 2012 saya ditelpon dengan Kepala Sekolah, yang kami sapa dengan penuh tajim, Bapak Drs. Haris Nani, beliau menyampaikan kepada saya bahwa pemasukan Data LIDI tanggal 2 Agustus 2012 sementara saya masih dikampung halaman, di Sulawesi Tenga.  Pada saat itu saya bingung bagaimana caranya supaya aplikasi ini sampai di tanggan kepala Sekolah.
Langkah-langkah pemakaian Aplikasi ini adalah
  1. Ekstrat File ZIP yang sudah di download dalam bentuk
  2. Buka File SMA N 1 Bolangitang
  3.  Maka akan muncul pesan tersebut klik bagian opctions, sehingga tampil kotak dialog Microsoft Office Security Options berikut ini :

4.      Kemudian Klik pilihan Enable this content, kemudian tutup pesan tersebut dengan men-klik tombol ,  

5.      Karena data Format ini sudah ada isinya, Jadi tinggal di prin aja, kalau nanti ingin menamba data LIDI klik Pilihan Tamba Lidi seperti Nampak pada gambar di bawa ini :


6.      Selesai,
Download Aplikasi LIDI (Lembar Informasi Data Individual)  SMA - Berbasis Ms. Excel  File ZIP. Download
Download Buku Panduan LIDI SMA Berbasis Ms.Excel File Word. Download